IDPR

Shanghai Electric Merilis Kinerja Tahunan pada 2020 dan Meletakkan Dasar bagi Masa Depan dengan Netralitas Karbon

SHENZHEN, Tiongkok, 8 April 2021 /PRNewswire/ — Shanghai Electric ("Perusahaan") (SEHK: 02727, SSE: 601727), produsen dan vendor terkemuka di dunia untuk peralatan pembangkit listrik dan peralatan industri, serta jasa integrasi, telah merilis laporan keuangan yang telah diaudit untuk tahun buku yang berakhir pada 31 Desember 2020.

 

Pada 2020, Shanghai Electric membukukan pendapatan total senilai RMB 137,285 miliar, mengalami kenaikan tahunan sebesar 7,67%, sedangkan, laba bersih yang diatribusikan kepada para pemegang saham perusahaan meningkat 7,34% secara tahunan menjadi RMB 3,758 miliar. Nilai order baru bertambah menjadi RMB 185,55 miliar, dan nilai order lama naik menjadi RMB 276,09 miliar, atau mengalami kenaikan masing-masing sebesar 8,7% dan 14,7%. Shanghai Electric mengajukan pembayaran dividen final senilai RMB 0,7178 untuk setiap 10 lembar saham.

Terlepas dari tantangan yang ditimbulkan pandemi Covid-19, Shanghai Electric mencatatkan kinerja luar biasa berkat kesuksesannya dalam menekan dampak negatif pandemi pada beragam segmen usaha. Segmen Usaha Peralatan Energi mempertahankan kinerja yang stabil dan membukukan pendapatan senilai RMB 55,96 miliar—naik 21,8% secara tahunan, dan sebagian besar kinerja ini terwujud berkat pertumbuhan pesat dalam bisnis turbin dan komponen pembangkit listrik tenaga bayu. Shanghai Electric juga meningkatkan pendapatan dari Segmen Usaha Jasa Terintegrasi yang mencakup Rekayasa dan Layanan Energi, Teknik dan Layanan Lingkungan, Teknik dan Layanan Automasi, layanan Industrial Internet, Jasa Keuangan, Jasa Perdagangan Internasional, dan lain-lain. Segmen usaha ini melesat 17,9% secara tahunan menjadi RMB 52,232 miliar, pertumbuhan yang didukung oleh pesatnya perkembangan segmen Rekayasa dan Layanan Energi.

Di saat bersamaan, Shanghai Electric membuat perkembangan penting dalam reformasi terhadap mekanisme kelembagaannya, pengembangan teknologi secara terpadu, investasi dalam kajian ilmiah dan inovasi, pengembangan solusi canggih (smart solution), serta pembangunan "Industrial Internet SEunicloud Platform"—perkembangan bertahap menuju perusahaan kelas dunia. 

Pada 2020, Shanghai Electric berhasil meraih izin dari Komite Pencatatan Saham Perdana di Bursa Efek Shanghai untuk rencana penawaran umum saham anak usahanya, Shanghai Electric Wind Power Group Co., Ltd. ("SEWP") pada Papan Perdagangan Inovasi Sains dan Teknologi. Selain itu, Shanghai Electric juga menyelesaikan reformasi kepemilikan gabungan pada Shanghai Renmin Electrical Apparatus Works (SREAW) dan Shanghai Centrifuge Institute Co., Ltd. Lebih lagi, demi menggerakkan konsumsi energi baru serta mewujudkan pembangunan ramah lingkungan dan berkelanjutan, Shanghai Electric giat mempromosikan transformasi energi. Di sisi lain, Shanghai Energy juga menawarkan berbagai layanan energi yang lengkap, terdiri atas "integrasi tenaga bayu, surya, air, panas bumi, dan penyimpanan energi", serta "integrasi sumber listrik, jaringan listrik, beban listrik, dan penyimpanan energi". Shanghai Electric turut menambah investasi litbang dan sukses meluncurkan proyek "black start" untuk pembangkit listrik dengan turbin angin yang berkapasitas di atas 5 MW—menyediakan fitur-fitur teknologi yang lengkap untuk solusi energi canggih (smart energy). 

Bertekad untuk mengembangkan energi terbarukan dan penyimpanan energi, Shanghai Electric resmi meluncurkan berbagai solusi canggih sepanjang 2020. Tahun lalu, Shanghai Electric telah mengoperasikan basis industri baterai litium Shanghai Electric Guoxuan Nantong, proyek Smart Energy terintegrasi dengan tenaga bayu-tenaga surya di Minhang Industrial Zone, Shanghai, serta pembangkit listrik dengan penyimpanan energi Shanghai Electric Golmud Meiman Minhang di Golmud City, Provinsi Qinghai.

Shanghai Electric menambahkan hampir 30.000 perangkat baru dalam platform industrial internet "SEunicloud" pada 2020, sementara, nilai aset tercatat senilai RMB 24,7 miliar. Shanghai Electric juga mengembangkan dan mengintegrasikan 15 aplikasi industri, mulai dari jaringan peralatan dan diagnosis kerusakan hingga perencanaan energi. Sejalan dengan hal ini, Shanghai Electric mengembangkan delapan solusi industri tahap awal, meliputi aktivitas operasional dan pemeliharaan canggih untuk pembangkit listrik tenaga bayu, aktivitas operasional dan pemeliharaan jarak jauh untuk pembangkit listrik tenaga panas bumi, aktivitas operasional dan pemeliharaan dengan perangkat mesin, baterai untuk sistem penyimpanan energi dan energi terdistribusi.

Pada masa mendatang, Shanghai Electric akan selalu menerapkan filosofi pembangunan "tiga langkah ke depan" yang berorientasi pada strategi, penyelesaian masalah, dan pencapaian. Shanghai Electric juga terus mengembangkan layanan energi canggih yang lengkap guna mempercepat peralihan industri menuju masa depan yang terdigitalisasi, terkoneksi, dan canggih.

Related Links :

http://www.shanghai-electric.com

Are you a Corporate Representative of Shanghai Electric, an investor, or a member of the Business Press?